Jangan Mudah Terprovokasi Judul Berita

Standard

Setelah hiberhasi dari dunia Facebook hampir 3 tahun, akhirnya beberapa bulan yang lalu saya mulai buka Facebook lagi. Tapi sepertinya waktunya nggak tepat. Karena waktu saya mulai buka Facebook, pas lagi panas-panasnya masalah pemilihan Gubernur Jakarta. Dan Feeds Facebook saya isinya luar biasa membuat tidak nyaman.

Saya selalu berusaha untuk berpikir logis, netral dan tidak berpihak kepada kubu manapun. Saya cuma nggak suka ada postingan sumpah serapan, perang komen antar kawan, dan menyebarkan berita hoax di Feeds saya. Saya lebih suka Feeds Facebook saya isinya video-video inspiratif dan menambah ilmu. Ini alasan kenapa saya buka Facebook lagi, karena banyak juga teman-teman di Facebook yang posting hal-hal baik dan bermanfaat.

Saya melihat beberapa orang kawan di Facebook “rajin” memposting sumpah serapah dan yang “hobi” memposting hoax yang bahkan judul berita dan isi berita yang mereka posting kebanyakan nggak nyambung. Tapi dikasih caption penuh kemarahan dan captionnya nggak nyambung juga. Akhirnya saya memutuskan untuk unfriend. Yeah, I’m that cold.

Media massa memang kebanyakan judulnya dibuat provokatif biar orang-orang penasaran buat buka linknya. Makanya sebagai “kids jaman now”, seharusnya linknya dibuka dulu  biar paham isi beritanya. Tapi kesel juga sih sama judul berita media massa, clickbait banget!pic 5

 

Sumber : Think before you share

So, please please please banget. Sebelum posting apapun, tolong pikirkan baik-baik dulu. Paling tidak baca dulu beritanya, trus cari kebenarannya. Jangan asal-asal posting sembarangan. Harus punya rasa tanggung jawab terhadap apa yang diposting. Jangan sampai menggiring orang lain ke informasi yang salah.

Mohon maaf jika ada kalimat yang tidak berkenan. Tidak bermaksud untuk menyerang siapapun, hanya ingin mengingatkan supaya Indonesia menjadi lebih baik.

-Winda-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s