Jin Baik Bernama “CAPCAY”

Standard


Entah kesambet jin baik mana, pas di kantor, tiba-tiba gue pengen makan capcay, makanan penuh sayur yang gue nggak suka. Gue nggak pernah suka makan sayur yang dimasak kayak capcay, atau di rebus atau sayur bening, dikasih santan, kecuali lotek, gado-gado, karena bumbu kacangnya enak.

Kembali ke capcay. Sepanjang jalan pas mau pulang, gue mikir, beneran nih gue mau makan capcay? Pas nyampe di depan tempat makan langganan gue itu, Begini kira-kira pembicaraan gue ama si Mas Yang Jualan (MYJ) :

Gue    :  “Mas, nasi goreng satu ya”.

Tuh kan, gue plin-plan abis, berubah seketika.

MYJ   :  “Seperti biasa, mbak?”

Mas-mas disana tau gue biasanya pesan nasi goreng ayam atau kwetiau goreng ayam. Pedes, nggak pake saos, nggak pake penyedap rasa, kecapnya dikit aja, kerupuk udangnya double, dan bungkus buat dibawa pulang.

Gue    : “Iya, mas. Hmmm… Capcaynya ada?”

Bodohnya gue, jelas-jelas segerobak sayur begitu disana, masih nanya aja.

MYJ   : “Capcay? Ada mbak”

Gue    : “Ya udah, capcay aja kalo gitu mas” (Dengan nada bicara kurang yakin)

MYJ   : “Siap, mbak”.

Telur udah diceplokin, sayur-sayur udah dimasukin. Dan sudah tidak ada kesempatan untuk berubah pikiran lagi.

Abis mandi, sholat, gue penasaran ama capcay gue ini. Aromanya mulai menggoda, wangi banget. Sesuap, dua suap, gue nemu ada jamur yang ungu ama jamur yg lebar-lebar warna putih kenyal-kenyal gimanaaa gitu. Ada sosis juga. FYI : Gue nggak ada masalah ama wortel, kol, sawi, tapi gue nggak doyan jamur ama sosis. Karena gue berpikir, telen aja, Nda… Gue paksain nelen si jamur.

Setelah menghabiskan banyak waktu (lebih lama dari kalau gue disuruh makan sate madura), capcay pun masuk perut. Kenyaaaang!

Terimakasih untuk kerupuk udang dan sebungkus peyek kacang. Tidak lupa saos sambel. Kerupuk dan saos sambel bener-bener berguna untuk menyamarkan rasa makanan yang nggak gue suka.

Selain karena gue emang nggak doyan sayur-sayuran, alasan lain karena dulu gue pernah muntah gara-gara makan capcay. Gue sok-sok an menghabiskan semangkuk capcay, baru setengah, gue udah keburu muntah.  Abis itu gue nggak pernah lagi mau makan capcay. Makanya agak sedikit aneh waktu gue tiba-tiba pengen makan capcay. Tapi Alhamdulillah, semalem gue menghabiskan semangkuk capcap dan tidak muntah. Rekor buat gue.  😀

Kenapa gue tiba-tiba pengen makan capcay? Karena gue baca artikel tentang manfaat sayur untuk kesehatan dan kecantikan.  :p Lain kali gue mau iseng jadi vegetarian ah. 🙂

image dari critakhayalngawurku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s