Kebutuhan atau Keinginan?

Standard

Seperti biasa, setiap tanggal penerimaan gaji, semua orang di kantor heboh sendiri membuat list, mulai dari kebutuhan rumah tangga, bayar listrik, bayar telpon, cicilan rumah, cicilan motor, uang sekolah anak, uang kuliah adik, mau beli kulkas baru, TV baru, dan segala macam.

Gue sendiri juga mulai belajar mengelola keuangan sendiri. Sekarang gue ngerasa perlu dan harus belajar untuk itu. Karena sekarang gue udah nggak mau dan seharusnya memang nggak boleh minta lagi uang ke orangtua. Nggak kayak dulu pas kuliah, jajan minta orangtua, uang kuliah minta orangtua, mau belanja, minta orangtua, semua minta orangtua. Uang bulanan abis, bilang ke orangtua, ujung-ujungnya orangtua ngasih duit lagi. orangtua mana sih yang tega anaknya jauh merantau di negeri seberang dan kehabisan uang?? NO ONE!

Dan sekarang?? Jreng.. Jreng… Jreeeeng… Buat makan, duit sendiri. Uang kos, duit sendiri juga. Mau nonton atau karokean, duit sendiri. Duit abis?? Nangis darah aja sendiri!

Nah, dari pengalaman itu, gue mulai belajar untuk mengatur keuangan sendiri. Semacam estimasi keuangan pribadi. Gue memperkiraan, berapa yang gue butuhkan untuk bertahan hidup sebulan. Gue mulai bisa membedakan antara “kebutuhan” dan “keinginan”.

Setelah beberapa bulan gue aplikasikan sendiri, dan hasilnya GAGAL. Eerr… Bukan! Lebih tepatnya BELUM BERHASIL. Gue mengalami defisit dan mulai mengemis-ngemis dengan muka memelas ke tabungan gue. hahaha… Tapi gue nggak kapok. Gue sendiri jadi penasaran. Gue nggak akan berhenti sampai gue berhasil. Ayo kita lihat, bulan depan, gue berhasil atau belum berhasil? Gue sedang menantang diri sendiri.

Leave a Reply

