HIDUPLAH INDONESIA RAYA

Standard

Kemarin, 6 Maret 2009, sekitar jam 10.00 WIB abis bayar SPP, gue lagi jalan keluar dari parkiran Bank BNI ITB yang di JalanTaman Sari, Bandung. Gue nggak sengaja denger seorang bapak, mungkin umur beliau sekitar 60 tahunan, soalnya rambut beliau udah putih. Dengan kemeja lengan pendek (gue lupa warnanya, yg jelas warna calm). Sangat rapih dan sangat berpendidikan. Gue yakin waktu mudanya, beliau adalah pria ganteng. Soalnya sekarang aja beliau masih sangat ganteng di mata gue. Hehehe…
Ok, back to topic!!!
Bapak Ganteng (BG) tersebut negur seorang penjual buah keliling yang pake gerobak, kita sebut aja si Mang Jualan Buah Keliling Pake Gerobak (MJBKPG).
BG : “Kenapa kamu jualan buah dari China??” (sambil nunjuk tumpukan jeruk yang dibungkus ama plastik bening yang ada tulisan-tulisan China nya)
MJBKPG : “Ah nggak pak… Ini mah plastiknya aja” (Membela diri)

BG : “Kenapa sih nggak jualan jeruk dari negara sendiri aja?? Kan ada tuh jeruk Medan”. (Nggak menggubris pembelaan diri si MJBKPG)

Gue hanya mendengar sampai disana aja. Kan nggak lucu gue tiba-tiba nimbrung disana, ikutan denger si BG ngobrol ama si MJBKPG. (Gue masih lucu aja ama inisial yang gue kasih buat si Mang Jualan Buah Keliling Pake Gerobak alias MJBKPG. Hahaa…) Gue bener-bener salut ama BG tersebut. Beliau adalah seorang yang idealis dan sangat loyal terhadap negara sendiri (perkiraan gue lho… ). Mungkin di zaman beliau, rasa Nasionalis yang tinggi bener-bener terpatri dengan baik terhadap diri masing-masing. Kenapa generasi sekarang sangat berbeda dengan beliau?? Kalo generasi sekarang, dikit-dikit beli produk luar negeri. Shopping ke Singapore, shopping ke Paris, dikit-dikit ke luar negeri!!! Huff… Bahkan bangga ama produk luar negeri yang dipake. Seakan-akan itu adalah nilai PLUS yang dapat dibanggakan. Heran!!! Tapi emang begitulah adanya. Sebenernya hal ini udah kepikiran semenjak gue ada mata kuliah Kewarganegaraan (KWN) selama 3 minggu, dengan jadwal 4 hari dalam seminggu dan sekita 2-5 jam sehari. Wow… Keren nggak tuh?? Efeknya?? Positif pastinya… Buktinya gue berusaha membeli produk dalam negeri. Mulai dari hanger baju, buah-buahan, makanan, cemilan-cemilan. Gue sama sekali nggak bermaksud buat banggain diri ato sombong. Gue cuma pengen ngajak semua yang baca blog gue ini, agar kita sama-sama bangkit untuk membangun Negera Indonesia kita. Yang gue lakukan itu bukanlah hal yang besar dan berarti. Tapi semuanya emang harus dimulai dari hal yang kecil dan dimulai dari diri sendiri, kan?? Jadi mari kita sama-sama kita niat dan janji pada diri sendiri untuk membeli dan menggunakan produk dalam negeri. Nggak usah yang muluk-muluk deh… Kita emang belum bisa benar-benar terlepas dari ketergantungan pada produk luar negeri. Misalnya kendaraan dan beberapa alat elektonik yang belum dikuasai oleh industri dalam negeri. Jadi mulailah dari hal-hal kecil. Misalnya, beli sayur dan buah dari hasil petani-petani Indonesia. Kasihan petani-petani kecil yang udah berusaha untuk mengolah lahan mereka. Dan mulail ilangin perasaan bangga kalo pake produk luar negeri. Seharusnya kita bangga kalo kita menggunakan produk dalam negeri. Dengan kita mulai menggunakan produk dalam negeri, efeknya pasti gede banget. Salah satunya adalah industri-industri dalam negeri akan kembali bersemangat untuk menciptakan inovasi-inovasi baru yang dampaknya jelas akan memperbaiki perekonomian Indonesia menjadi jauh lebih baik. Mulai detik ini, berjanjilah pada diri sendiri dan pada ibu pertiwi akan membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik!!!

“HIDUPLAH INDONESIA RAYA”

2 responses »

  1. Amin…

    “Berikan aku seribu orang dan aku akan mengguncang gunung-gunung, dan berikan aku sepuluh orang pemuda yang semangatnya berkobar-kobar untuk membela tanah air dan aku akan mengguncang dunia…!!!”

Leave a Reply

